Studi Banding Prodi PBSID Universitas Pasundan di UMP

ekopasundan

Sejumlah 97 mahasiswa dan 4 orang dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) FKIP, Universitas Pasundan Bandungmengadakan studi banding ke prodi PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto,  7 Maret 2017. “Semoga kegiatan silaturahmi ini mendapat barokah dari Allah Swt,” demikian dinyatakan oleh Drs. Dindin MZM, M. Pd.,saat memberikan sambutan. Para dosen dan mahasiswa dari PBSID, Unpas Bandung berharap kegiatan silaturahmi dapat bermanfaat  bagi kedua belah pihak.

Dindin yang hadir bersama sejumlah dosen PBSID, FKIP,  Unpas,  Bandung, diantaranya Adi Rustandi, M. Pd., Setiawan M. Pd., Windu Santosa, M. Si., menyampaikan bahwa manfaat  silaturahmi di antaranya dapat memungkinkan kerjasama untuk bidang pengembangan wawasanakademik dan kemahasiswaan. Dalam pertemuan yang diselenggarakan di ruang dosen PBSI UMP tyersebut, Dindin menyatakan bahwa sebenarnya jumlah dosen di Prodi PBSID FKIP Pasundan berjumlah 21 orang. Hanya, pada kesempatan memang tidak seluruh dosen turut serta, karena sebagian dosen  sedang mempersiapkan re-akreditasi program studi, dari akreditasi B menuju A.

Dalam kesempatan tersebut Kaprodi tuan rumah, yakni Drs. Eko Suroso, M. Pd., memaparkan profil Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Eko menjelaskan hal-hal yang menjadi visi misi program studi, kurikulum prodi, staf pengajar, dan hal-hal berkait dengan kegiatan kemahasiswaan. Berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan,menurut keterangan Eko, para mahasiswa di prodi PBSI, FKIP, merupakan mahasiswa yang aktif. Sejumlah kegiatan diselenggarakan mereka dalam rangka pengembangan kemampuan berorganisasi, pengembangan kemampuan intelektual dan publikasi kegiatan yang berhubungan dengan bidang kebahasaan dan kesastraan. “Kami sampai kesulitan untuk mengendalikan kegiatan mahasiswa,” tutur Eko yang mengaku bangga dengan kreativitas kegiatan kemahasiswaan yang cukup beraneka, padahal dana yang dialokasikan untuk HMPS terbatas. Eko pun kemudian menayangkan contoh karya mahasiswa di bidang sinematografi yang menghasilkan film pendek yang berjudul “Menjadikan Rokok Bergizi”.

Sementara Drs. Dindin MZM, M. Pd., Sekretaris Prodi PBSID FKIP Universitas Pasundan Bandung mengemukakan hal-hal berkait dengan kurikulum prodi, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen, penerbitan jurnal, dan kegiatan bidang kemahasiswaan. Khusus berkait dengan penerbitan jurnal, Dindin menawarkan adanya kerjasama antara dosen-dosen di Prodi PBSID FKIP Universitas Pasundan Bandung dengan para dosen di Prodi PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah. Bentuk kerjasama dilakukan, diterangkan Dindin, berkait dengan pengiriman artikel untuk pengisian jurnalLiterasisebagai jurnal milik PBSID FKIP Unpas dan jurnalMetafora, jurnal milik PBSI FKIP UMP bekerjasama dengan Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UMP. Tawaran tersebut disambut baik segenap dosen PBSI, FKIP UMP yang hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya, Dr. Kuntoro, M. Hum., Drs. Sukristanto, M. Pd., Dra. Sri Utorowati, M.Pd., Dra. Siti Fathonah, M. Hum., Dra. Tutut Tugiyati, M. Hum., Dra. Noorliana, M. Pd, Dra. Isnaeni P, M. Pd., Teguh Trianton, M. Pd., Laily Nurlina, M. Pd., dan Dra. Eko Sri Israhayu, M Hum. Sebagai tindak lanjut kesepakatan kedua belah pihak, dalam kesempatan tersebut ditandatangani MoU kerjasama antar kedua lembaga.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMP, Drs. Pudiyono, M. Hum. yang kerkesempatan hadir dalam pertemuan tersebut mengharapkan kedua belah pihak yang telah menandatangani kesepakatan kerjasama untuk dapat saling berbagi pengalaman dalam berbagai hal sebagai upaya peningkatan kinerja di lembaga masing-masing.

Acara silaturahmi, selain diisi dengan saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan program studi oleh para dosen, para mahasiswa memanfaatkan kegiatan silaturahmi tersebut untuk saling berbagi pengalaman dalam mengoptimalkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Silaturahmi yang dilaksanakan mahasiswa di Auditorium Ukhuwah Islamiyah siang hari itu dimeriahkan pula dengan adanya  penampilan pentas seni mahasiswa oleh kedua belah pihak. (Mata 96)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239