Pelatihan Penyusunan Perangkat Evaluasi

Penting bagi guru untuk mengembangkan kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran,” demikian dinyatakan oleh Drs. Sukristanto. M. Pd., di hadapan sejumlah guru saat memberikan materi pada acara In House Training berkait dengan teknik memberikan penilaian. Dalam kesempatan tersebut Sukristanto yang juga menjadi pengampu mata kuliah Evaluasi Pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menyampaikan hal-hal yang laik dipertimbangkan guru untuk membuat alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi siswa.

Sebanyak 45 guru dan 15 mahasiswa sebagai peserta tampak antusias menerima materi yang diberikan narasumber dalam acara In House Training yang diadakan di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto, 20 Oktober 2016 tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dra. Siti Fathonah, M.Hum. ini merupakan kegiatan  kerjasama tim pengabdian dengan mahasiswa peserta KKN Dik di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Tim pengabdian masyarakat yang beranggotakan Drs. H. Sukristanto, M.Pd., Drs. Sarwidi, M.hum., Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum dan Laily Nurlina, S.Pd.,M.Pd., memfasilitasi peserta yang sebagian besar guru tersebut untuk berlatih menyusun perangkat evaluasi pembelajaran yang baik dan benar.  

Kadiknas Banyumas, Drs. Purwadi Santoso, M.Hum., yang membuka kegiatan In House Training dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesannya agar para guru menyadari pentingnya pentingnya sinergitas antara universitas dengan sekolah untuk meningkatkan profesionalitas kinerja guru. “Kurikulum 2013 lambat laun akan dilaksanakan di seluruh sekolah di Banyumas sehingga guru perlu mempersiapkan diri supaya tidak gagap informasi,” tandas Purwadi.

 Para peserta pelatihan tetap antusias mengikuti materi yang diberikan. “Ternyata evaluasi pembelajaran tidak menyusahkan,”demikian diungkapkan salah seorang guru yang menjadi peserta In House Training. Para guru sangat cukup terkesan dengan kegiatan pelatihan dan memanfaatkan kesempatan  tersebut untuk bertanya jawab dengan narasumber serta berkonsultasi tentang fenomena soal-soal ujian sekolah saat ini. Dalam kesempatan tersebut Sukristanto selaku narasumber menyarankan, bahwa guru harus berani dan percaya diri dalam membuat soal-soal ujian sendiri.

            Para peserta mengharapkan kegiatan In House Training yang merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dosen PBSI, FKIP, UMP dapat dilaksanakan kembali secara berkesinambungan untuk waktu-waktu yang akan datang. (Ly- 2017)

 

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239