PBSI UMP Berguru Puisi pada Dharmadi

          Malam itu, 9 Mei 2018 suasana begitu puitis. Tidak seperti malam-malam yang biasanya. Biasanya ada sekerumunan mahasiswa tengah asik berbincang di saung kecil di bawah lampu temaram. Di sebelah timur dari lapangan kampus mereka adalah mahasiswa-mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP yang tergabung dalam Komunitas Penyair Institute. 

Komunitas ini tampak militan memperjuangkan bahasa dan sastra Indonesia. Buktinya, mereka terus belajar mengasah diri mempelajari seluk-beluk bahasa dan sastra Indonesia. Termasuk bidang penulisan puisi. Mereka, di bawah asuhan penyair yang juga dosen Teguh Trianton dan Eko Sri Israhayu terus berproses.

Malam itu menjadi malam spesial bagi mereka. Dharmadi penyair termasyur tatar Banyumas akan bersua dengan mereka dalam sehidang puisi. Dharmadi kelahiran Semarang, 30 September 1948 itu sudah dikenal luas oleh kalangan seniman Banyumas. Puisi-puisi karyanya antara lain: Kembali ke Asal (2000); Aku Menempuh Cahaya Bulan (2004); Jejak Sajak (2008); Aura (2011); Kalau Kaurindu Aku (2012); dan Larik-larik Kata (2016).

Bertindak sebagai pemateri sepenuhnya oleh Dharmadi. Moderator oleh penyair Luluk Eka KPI. Menulis adalah sebuah kegiatan yang rumit. Perlu ketelatenan agar penyair bisa membuat puisi yang kuat. Ada lagi hal yang perlu diingat oleh penyair yaitu pandai-pandai membaca.

“Penyair itu harus pandai membaca. Membaca apa pun. Baik membaca buku, alam, diri, dan lain-lain,” demikian nasihat Dharmadi di sela-sela penyampaian materi.

Kegiatan berjalan tambah puitis. Ini karena ada penampilan pendukung dari punggawa-punggawa KPI. Penyair Aditya Setiawan, Muharsyam Dwi Anantama, Cuya Suryanto membacakan puisi gubahan Dharmadi. Diiringi petikan gitar yang ritmis dari cerpenis yang juga seorang perupa, Sahalal Ma’ruf.

Kegiatan belajar puisi bersama penyair bukan hal baru bagi para mahasiswa PBSI UMP. Keinginan mereka malah semua penyair di Indonesia mereka belajari. Sementara ini, untuk penyair di Banyumas sendiri hampir sudah semua mereka sowani. (Ahmad Sultoni)***

 

 

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239