PBSI UMP Gandeng Alumni Belajar Menulis

Menulis bukan perkara yang mudah. Ada berangkai kegiatan yang mesti ditempuh. Dari mulai penggalian ide hingga menuliskannya dalam bentuk karya tulis. Ditambah dua tahapan lagi, menyunting dan mempublikasi. Menulis apa pun akan melewati tahapan-tahapan itu.

         Keyakinan ini pula yang dipegang teguh oleh para mahasiswa PBSI UM Purwokerto. Menulis membutuhkan proses. Penulis-penulis terkenal membutuhkan waktu yang tidak singkat. Hal itu sebagai sekolah untuk menempa diri menggeluti dunia kreatif.

       “Menulis itu tidak instan. Sebab itu, kami berkeinginan mahasiswa memahami hal itu agar mereka paham. Di lain sisi, menulis adalah bekal terbaik bagi para calon guru”, tutur Eko Sri Israhayu, dosen PBSI UMP yang juga penulis. Perempuan bersenyum manis itu juga menuturkan akan menjadikan kemampuan menjadi identitas di prodi PBSI. Harapannya, ke depan akan banyak guru yang makin berkualitas. 

       Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2018 bertempat di Gedung G10 kampus satu UMP berjalan khikmat. Bertindak sebagai narasumber yaitu sastrawan muda Ahmad Sultoni. Bagi mahasiswa PBSI UMP sosok anak muda yang juga dosen itu tidak asing lagi. Bisa jadi sebab sedari masih mahasiswa sudah aktif di kegiatan kampus, termasuk para mahasiswa yang ikut dalam kegiatan pelatihan sore itu.

       “Menulis bukan perkara hasil, melainkan proses. Setiap orang yang berniat belajar menulis ia harus gigih dalam berproses. Begitu banyak rintangan menghadang misalnya, bukan menjadi penghadang baginya”, demikian nasihat Sultoni di sela-sela penyampaian materi.

     Kegiatan pelatihan itu bukan hal baru di lingkungan PBSI UMP. Kegiatan sore itu misalnya, diadakan secara khusus buat mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa PBSI yang akan berlaga di perlombaan menulis artikel opini yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UM Purwokerto sebulan mendatang.*** (Adit/KPI) 

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239