Kuasai PUEBI, Tunjang Kualitas Guru

PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia  yang berisi tentang aturan penggunaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan  dengan beberapa tambahan yang belum ada di dalam EYD. Beberpa revisi yang telah dilakukan di dalam EYD yang akhirnya melahirkan PUEBI. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Kemudian, Permendiknas tersebut digantikan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dengan adanya perubahan tersebut perlu adanya sosialisasi mengenai PUEBI agar masyarakat, guru, dan tenaga pengajar mengetahui apa itu PUEBI. Sesungguhnya PUEBI dan EYD sama-sama berisi tentang ejaan, namun PUEBI yang kini digunakan lebih lengkap dan telah melalui beberapa revisi dari yang terdahulu.

Adanya penggunaan PUEBI merupakan hal yang baru dan perlu adanya pelatihan yang terealisasikan. Untuk menyosialisasikan hal tersebut seperti yang dilakukan tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Akhmad Fauzan, M.Pd., dengan anggota Drs. Eko Suroso, M.Pd. dan melibatkan dua mahasiswa PBSI. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Februari 2019.

Akhmad Fauzan mengatakan “Pelatihan ini dilakukan di di MTS Muhammadiyah Patikraja karena penggunaan bahasa Indonesia pada umumnya dan PUEBI pada khususnya merupakan permasalahan tersendiri yang dialami oleh para guru di MTS Muhammadiyah Patikraja.” Ujarnya. Hal ini diketahui dari adanya beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh para guru itu tentang tata ejaan bahasa Indonesia. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul ketika tim IbM PBSI melakukan IbM dengan topik-topik sebelumnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan ada 23 orang dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu yang berbeda-beda. Dari peserta yang hadir tampak bersemangat dalam mengikuti pelatihan terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika proses pelatihan berlangsung serta banyaknya konsultasi ketika peserta telah selesai mengikuti pelatihan.

Dengan adanya sosialisasi tentang PUEBI tentu sangat memberikan manfaat bagi para guru dalam menambah wawasan tentang penggunaan ejaan bahasa Indonesia sesuai dengan PUEBI. Penguasaan pengetahuan tentang PUEBI dapat menjadi bekal bagi guru dalam memberikan materi pelajaran kepada muridnya. Oleh karena materi berkait dengan PUEBI merupakan materi yang cukup penting, maka yang mengikuti pelatihan ini tidak hanya guru Bahasa Indonesia saja, tetapi diikuti pula para guru dari berbagai bidang ilmu yang ada pada MTs Muhammadiyah juga mengikuti sosialisasi ini, karena memang memahami ejaan yang terbaru merupakan hal penting bagi setiap tenaga pendidik sebagai tenaga pendidik yang berkualitas. (Ine)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239