Tingkatkan Profesionalisme Guru, Tim PBSI Gelar Workshop K13

Untuk menjadi guru professional diperlukan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan melaksanakan kegiatan penilaian. Namun pada kenyataannya, belum seluruh guru mampu menguasai strategi dan teknik penilaian yang baik, apalagi jika dikaitkan dengan penerapan Kurikulum 2013. Oleh karena itu Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Drs. Sukristanto, M.Pd beserta tim anggotanya yang terdiri dari Dra. Sri Utorowati, M.Pd., Dra. Siti Fathonah, M. Hum., dan Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum.menyelenggarakan workshop mengenai pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 bagi guru-guru MTs dan MA Muhammadiyah Purwokerto.

Workshop ini diselenggarakan pada 12 Agustus 2018, peserta kegiatan tersebut melibatkan langsung 30 guru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kadar kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendekatan dan model pembelajaran, serta kemampuan melakukan penilaian proses dan hasil belajar secara mandiri.

Di samping itu juga untuk memperkaya pengatahuan guru dalam hal melaksanakan penilaian dan penyusunan intrumen serta pedoman penilaiannya. Oleh karena itu, guru harus ikut dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai pada pengevaluasian mengenai pembelajaran dan penilaian di kelas.

Tim menyampaikan materi hal-hal yang dibutuhkan guru berkaitan dengan pembelajaran dan teknik penilaian.

“Penilaian/ulangan biasanya dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi siswa, suasana tegang selalu terpancar di wajah siswa sehingga mengakibatkan siswa kehilangan fokus, hal ini sangat berpengaruh pada hasil yang dicapai oleh siswa, dengan demikian guru tidak memperoleh data dan nilai valid, akurasi data menjadi berkurang walaupun mereka telah mempersiapkan diri jauh hari sebelum pelaksanaan penilaian/ulangan,” ujar Drs. Sukristanto, M.Pd. 

Dengan demikian, dibutuhkan suatu cara/metode atau strategi yang tepat dalam pengumpulan data. Penilaian/ulangan yang biasanya menegangkan, dikondisikan sedemikian rupa sehingga penilaian/ ulangan tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan atau menegangkan melainkan sesuatu yang menyenangkan. Kegiatan workshop pembelajaran dan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 telah mencapai hasil yang baik, hal itu dibuktikan dari peserta yang mengikuti seluruhnya dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan pendekatan saintifik dan penilaiannya sudah dilengkapi dengan pedoman/rubrik penilaian. (Imelda)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239