Berkenalan dengan Film

Berkenalan dengan Film

Perkembangan ilmu pengetauan dan teknologi berdampak pada percepatan penye-

buku karya dosen pbsi2baran dan akses informasi. Dunia pendidikan sebagai bagaian dari pengguna informasi harus melakukan penyesuaian dengan arus informasi yang membanjir. Penyesuaian atau update informasi sangat berguna dalam pengembangan pendidikan, termasuk media pembelajaran di dalamnya.

Setiap gaya, sikap, perilaku tokoh yang ditampilkan dalam film dapat ditiru olehyang menontonnya, disinilah proses belajar yangrumitberlangsung. Film menjadi salah fitur budaya yang menyediakan materi belajar kehidupan sosial.Prosesbelajarsosial secara umum melalui empat tahapan; proses perhatian, peringatan, reproduksimotoris,danproses motivasional.Media adalah perantara atau penghubung yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dsb). Kemudian media film adalah alat penghubung yang berupa film; media massa alat komunikasi seperti radio, televisi, surat kabar, majalah yang memberikan penerangan kepada orang banyak (massa) dan mempengaruhi pikiran mereka.

***

Perkembangan teknologi juga berdampak pada perkembangan industri kreatif, termasuk film. Saat ini, setiap hari siaran televisi dan bioskop dibanjiri ratusan jenis film. Demikian halnya dengan kanal youtube yang dapat langsung diakses oleh penonton melalui jaringan internet. Melalui internet, ribuan film didistribusikan untuk semua kalangan penonton, termasuk segmen pasar remaja.

Nah, dari ratusan atau bahkan ribuan judul film yang pernah diproduksi, tidak ada jaminan bahwa film-film tersebut selalu memberikan tontonan yang mendidik. Oleh karena itu, orang tua, guru dan peserta didik harus selektif dalam menikmati tontonan ini. Untuk itu, mereka perlu panduan. Sayangnya, buku-buku yang membahas seluk-beluk perfilman yang cocok untuk konsumsi pelajar.

Buku bertajuk Film sebagai Media Belajar ini ditulis sebagai salah satu referensi untuk mengenal dunia perfilman atau sinematografi. Isi buku ini tidak bermaksud menggurui, namun hanya berusaha turut menyebarkan informasi ihwal seluk-beluk dunia sinematografi.

Buku ini ditulis dengan gaya bertutur dialogis, sehingga pembaca lebih mudah mencerna isi buku ini. Gaya bertutur ini juga dimaksudkan agar pembaca tidak jenuh. Pembaca diajak berdialog atau bercakap tentang segala hal yang berhubungan dengan film.

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239