Kegiatan Kemahasiswaan Membutuhkan Reporter Prodi

Siang, 9 Maret 2017, bertempat di ruang rapat Dekanat FKIP UMP, Dra. Eko Sri Israhayu M. Hum., selaku Wakil Dekan III FKIP mengundang 4 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP  UMP. Keempat mahasiswa yang diundang yaitu  Iin Hikmawati, Amalia Solikha, Lulu Eka dan Aditya Setyawan. Keempat mahasiswa diundang untuk mendapatkan pengarahan ihwal publikasi kegiatan bidang kemahasiswaan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP,UMP.

“Sangat disayangkan jika kegiatan kalian yang cukup aktif tidak dipublikasikan,”  ujar Bunda Yayuk, demikian sapaan akrab Wakil Dekan III FKIP UMP  yang dikenal cukup dekat dengan mahasiswa tersebut. Bunda Yayuk menguraikan ragam kegiatan kemahasiswaan yang dapat dipublikasikan untuk dapat diketahui masyarakat luas. “Adanya publikasi atas kegiatan kemahasiswaan sekaligus merupakan indikator bahwa eksistensi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBSI, FKIP UMP memang cukup dinamis,” papar Yayuk.  

Oleh karenanya, pada kesempatan tersebut Yayuk menyarankan agar HMPS Prodi PBSI memiliki reporter prodi untuk mempublikasikan kegiatan dan hal-hal yang dilakukan sesuai dengan ciri keprodian, yakni berkait dengan pendidikan kebahasaan dan kesusastraan. Sebagai langkah awal adanya reporter prodi, Yayuk mengharapkan para mahasiswa yang diundang dalam pertemuan tersebut dapat memberitakan kegiatan, prestasi, dan hal-hal berkait dengan prodi PBSI melalui web yang dimiliki prodi,. Yayuk menantang para mahasiswa yang diundang untuk dapat menjadi reporter prodi yang handal dalam menunjukkan perannya untuk mempublikasikan kegiatan mahasiswa di prodi PBSI. Yayuk pun mencontohkan teknik membuat liputan berdasarkan data yang diperoleh di lapangan.

“Membuat liputan berita itunggaksusah kok. Cukup sekitar 4 paragraf, yang penting di dalamnya mengandung 5W +1H. Saya optimis, kalian bisa membuat liputan-liputan yang menarik berkait dengan kegiatan kemahasiswaan. Harapan saya, hal yang kalian lakukan kelak dapat menginspirasi mahasiswa di prodi lain untuk melakukan kegiatan serupa,” ungkap Yayuk. (Am 0417)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239