Lesson Study, Pendampingan Dosen Senior pada Dosen Yunior

 


Setiap dosen mempunyai strategi untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. PBSI melaksanakan lesson study pada Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia pada akhir November – awal Desember 2016. Salah satu strategi yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas mengajar dosen dapat ditempuh dengan mengadakan kegiatan lesson study. Melalui lesson study  dosen merancang sedemikian rupa tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Tim lesson study PBSI FKIP UMP yang diketuai oleh Dr. Kuntoro, M.Hum dibantu Dra. Siti Fathonah, M.Hum. merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dalam pelaksanaan lesson study ini, Laily Nurlina, S.Pd.,M.Pd. berperan sebagai dosen model.

Salah satu manfaat  yang diperoleh dalam pelaksanaan lesson study terutama bagi dosen yunior adalah banyak masukan berharga dari dosen senior untuk meningkatkan kualitas perkuliahan.  Dalam pelaksanaan kegiatan lesson study ini,  masalah – masalah yang terdapat pada perkuliahan MKDU Bahasa Indonesia dapat dideteksi melalui observasi sebanyak tiga kali. Tim mendokumentasikan kegiatan ini dengan mengambil foto dan membuat video pembelajaran supaya dapat dijadikan contoh bagi dosen lain yang ingin belajar.

Pihak Pimpinan Fakultas cukup mendukung pelaksanaan lesson study di lingkungan FKIP, kaitannya dalam upaya menumbuhkan atmosfer akademik yang lebih baik.  Dukungan yang diberikan pihak  pimpinan fakultas di antaranya dengan dengan memberi kesempatan, biaya dan penyelenggaraan  diseminasi hasil kegiatan.  Diseminasi hasil kegiatan lesson study dilaksanakan pada 29 Desember 2016. Walaupun belum sempurna, banyak dosen mengapresiasi kegiatan lesson study ini dengan memberikan masukan-masukan yang bermanfaat demi meningkatkan kualitas perkuliahan. (Ly – 2017)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239