Eko Israhayu Berbagi Pengalaman Mengelola Majalah Sekolah di MAN Purbalingga

Mengelola majalah sekolah itu asyik,” demikian dinyatakan Dra. Eko Sri Israhayu M. Hum.,di hadapan siswa MAN Purbalingga, 24 Februari 2017 lalu saat menjadi pemateri Workshop Pengelolaan Majalah Dinding di MAN Purbalingga.

Bunda Yayuk, demikian Eko Israhayu biasa disapa menyampaikan sejumlah pengalamannya dalam mengelola majalah sekolah.

Bunda Yayuk menjelaskan bahwa pengalamannya mengelola  majalah sekolah sejak SMP, SPG hingga ia menjadi Pimpinan Redaksi majalah di kampusnya saat kuliah, memberikan pengalaman yang cukup berarti baginya. Menurut Yayuk, yang juga menjadi dosen di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, mengelola majalah dinding memberikan pengalaman praktis yang tidak begitu saja dapat ia temukan di bangku sekolah ataupun kuliah.

“Sebab, mengelola majalah sekolah itu sebenarnya tidak sekadar belajar jurnalistik. Tetapi ada ilmu-ilmu lain yang dapat diperoleh. Di antaranya, melatih seseorang terbiasa untuk bekerja sama, karena pengelolaan majalah sekolah merupakan kerja kolektif. Selain itu dengan terjun menjadi jurnalis sekolah dapat melatih seorang siswa yang semula kurang percaya diri menjadi lebih percaya diri,” tuturnya.

Dosen yang telah membukukan karyanya berupa novel Merenda Angan Biru, dan kumpulan cerpen Bukan Karena Aku Tak Cinta ini menguraikan lebih lanjut bahwa para peserta yang dipilih pihak sekolah untuk mengikuti workshop tersebut merupakan siswa yang beruntung. Jika para peserta tekun untuk menjadi pengelola majalah sekolah, maka majalah tersebut dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dan media ekspresi bagi kreativitas siswa.

“Kalian yang suka menulis, bisa menyalurkan hobby kalian melalui majalah sekolah misalnya dengan adanya rubrik sastra, rubrik artikel dan rubrik-rubrik lain yang dapat mengekspresikan kreativitas kalian. Dengan demikian majalah sekolah dapat digunakan sebagai ajang untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa," papar Yayuk.

Senada dengan yang disampaikan Yayuk, Kepala Sekolah MAN Purbalingga, Drs. Suratno, M. PdI, menyambut baik rancangan materi yang disampaikan dalam workshop tersebut. Suratno berharap, majalah sekolah yang ada dalam hal ini berupa majalah dinding dapat dikelola siswa dengan baik sehingga dapat terbit secara rutin. Kepada kedua pemateri workshop, yakni Dra. Eko Sri Israhayu, M. Hum dan Endah Kusumaningrum, Suratno mengharapkan para siswa yang merupakan perwakilan kelas, memperoleh sejumlah materi berkait dengan jurnalistik dan kepenulisan dari kegiatan workshop yang diselenggarakan. “Syukur-syukur kalau ada lomba majalah dinding siswa dari MAN Purbalingga dapat mengikuti karena mereka memang telah memiliki pengetahuan berkait dengan pengelolaan majalah dinding,” harap Suratno.

Sebanyak  23 siswa yang menjadi peserta workshop siang itu tampak antusias mengikuti materi pengelolaan majalah sekolah yang disampaikan pemateri. Terlebih saat Endah Kusumaningrum juga menyampaikan materi berkaitan dengan suka duka mengelola majalah sekolah berdasarkan pengalamannya mengajar di Thailand, siswa tampak makin antusias. Baik Yayuk maupun Endah mengharapkan peserta yang mengikuti kegiatan workshop dapat menunjukkan hasil karya mereka untuk dipublikasikan. Yayuk menyarankan publikasi tidak hanya dilakukan melalui majalah sekolah beupa majalah dinding tetapi juga dapat dipublikasikan melalui media online sehingga dapat diakses untuk publik yang lebih luas. (Mata 96)

Hubungi Kami

  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 134

  Fax  : (0281) 637239